Rabu, 14 Mei 2008

OKU Timur




Kabupaten OKU Timur memiliki potensi lahan pertanian yang cukup luas. Kabupaten OKU Timur juga merupakan salah satu daerah penghasil beras terbesar di Sumatera Selatan. Hal ini di dukung oleh Bendun Perjaya dan jaringan irigasi yang memadai di daerah ini.
Semenjak pemekaran Kabupaten OKU menjadi tiga kabupaten dan salah satunya Kabupaten Ogan Komerng Ulu Timur, Pemerintah Kabupaten OKU TIMUR semakin memantapkan posisi OKU TIMUR sebagai lumbung pangan di Provinsi Sumatera Selatan. Kondisi ini juga didukung adanya irigasi teknis Perjaya. Kecamatan penghsail padi terbesar di Kabupaten OKU TIMUR yaitu Kecamatan Buay Madang Timur, Kecamatan Semendawai Suku III dan Kecamatan Buay Madang.
Kabupaten OKU TIMUR sebagai daerah yang memiliki potensi besar pada sektor primer pertanian dan perkebunan, memiliki perkembangan jumlah produksi pertanian yang terus meningkat. Pada tahun 2005 luas lahan panen mencapai 104.905 ha, naik menjadi 105.972 ha dengan jumlah gabah produksi pada tahun 2006 mencapai 617.943 ton gabah kering panen (GKP). Artinya per hektar lahan padi memproduksi 5.91 ton. Produksi padi mengalami kenaikan jumlah produksi sebesar 1.01 % dari tahun 2005. 19.36 % dari 391.732 ton total produksi beras dikonsumsi oleh penduduk OKU TIMUR sedangkan 80.64 % menjadi komoditas pangan nasional.
Luas lahan pertanian jagung pada tahun 2006 mencapai 1.483 ha. Dengan jumlah produksi 7.149 ton. Pada umumnya hasil produksi jagung ini bukan untuk konsumsi dalam kabupaten tetapi untuk memenuhi industri yang ada di luar Kabupaten OKU TIMUR. Luas lahan pertanian ketela pohon tahun 2006 sebesar 3.691 ha dengan jumlah produksi 28.426 ton. Sementara itu, jumlah luas panen tanaman kacang mencapai 3.746 ha dengan jumlah produksi rata-rata per hektar mencapai 1.36 ton/ha menjadikan produk tanaman kacang tanah di OKU TIMUR mencapai 5.087 ton.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah senang juga bisa ketemu dengan Orang Belitang.

Salam kenal untuk Mas yang punya blog ini. Ayo dong di isi terus blognya biar rame.

Jika berkenan, silahkan kunjungi blog saya di www.prayogo.wordpress.com

Terima kasih.

Sapayona mengatakan...

Sebelumnya salam kenal sama yang punya Blog Maju terus Belitang
kalu ada waktu main2 ke sini:
http://mulangtiuh.blogspot.com/

Ringga mengatakan...

Thanks ya atas informasinya!!!!!!!!lam kenal aja...